Popular Post

Posted by : Unknown Jumat, 21 Juni 2013

Dampak Globalisasi Dan Tantangannya Terhadap Pendidikan Islam


11:10

oleh : Iha ginichi koukii - Islam tanpa Syariat - Ziaduddin sardar Ini buku tentang islam yang dalam perkembanganya menghadapi perubahan yang dinamakan globalisasi, dimana dampak globalisasi merubah peradaban umat manusia. Dalam hal ini dijelaskan tentang dampak globalisasi dan tantangannya terhadap pendidikan agama dan prespective diaspora. Saya rangkumkan sedikit, semoga bermanfaat.






Salah satu foundamental dalam globalisasi adalah bahwa apa yang dilakukan di satu tempat memiliki satu interkoneksi atau hubungan dengan tempat lainnya. Salah satu dampak dari interkoneksi yang sangat unik ini adalah kita harus memiliki tanggung jawab yang khusus dan memberikan penghargaan serta penghormatan terhadap apa yang kita buat di satu tempat karna akan berdampak pada dunia secara keseluruhan. Interaksi ini punya dampak yang lebih dalam, yaitu kompleksitas. Kompleksitas itu terjadi dengan sangat cepat dan dengan tingkat yang sangat tinggi. Salah satu aspek lain dari kompleksitas itu adalah feedbacknya.

Salah satu cara terbaik ketika melawan globalisasi adalah dengan sennatiasa mengkaji atau melihat agama sehingga relevan dengan dunia global. Mereka harus mengubah pemahaman keagamaan dan tidak lagi hanya menekankan pada aspek-aspek keyakinan itu. Salah satu hal yang perlu dikaji adalah kajian mengenai lingkungan dan jender. Karena itu satu hal yang penting adalah kita harus bersungguh-sungguh terlibat dalam hal etika dan moral itu. Dan sesungguhnya seluruh dimensi dalam kehidupan bermasyarakatkita tidak terlepasdari dimensi moral dan etika. Sebagai contoh , Misalnya bagaimana civil society itu dan bagaimana moral memiliki peranan dalam membangun etika.

Jadi dalam tiap-tiap proses yang mengalami perubahan, baik dai modernitas sampai keglobalisasi semuanya memang proses yang dibuat secara defenitif oleh masyarakat barat dan itu kemudian melahirkan penjajahan. Penjajahan itu menimbulkan akibat yaitu munculnya sikap inferior. Inferioritas itulah yang saat ini melanda peradaban kita.

Yang berikutnya, Dalam konteks HAM, selama ini juga dipahami dalam konteks barat. Sebagian besar selalu dikaitkan dengan hal-hal yang berhubungan dengan politik , dan tidak pernah dikaitkan dengan hak-hak hidup, makan dan lain-lain. Ketika ada orang yang tidak mendapatkan makanan maka itu tidak dianggap berkaitan dengan HAM. Oleh karna itulah dalam diskusi ini kadang-kadang kita cenderung mengabaikan persoalan-persoalan yang terkait dengan kemiskinan kehidupan, padahal itu juga terkait dengan HAM .

Globalisasi membawa berbagai perubahan pada banyak aspek kehidupan manusia. Perubahan cara kerja, gaya hidup, tata ekonomi, dan kebijakan politik, pada akhirnya membawa pula dampak sosial keagamaan yang sulit diperkirakan. Diantara kecenderungan sosial keagamaan pada era ini, yang menonjol adalah berkembangnya orientasi yang berlebih terhadap materi berikut konsumerismenya yang bila tidak terkendali , dapat menggoncang keseimbangan antara orientasi keduniaan (inner worldy) dan keakheratan (other worldly). Manusia banyak yang terperangkap dalam arus materialisme-hedonistik atau sebaliknya, sufisme yang terlalu jauh.

Dalam kondisi seperti ini diperlukan penumbuhan kesadaran baru dikalangan negara-negara dunia ketiga tentang dampak buruk dari globalisme . Dari pusat periferi. Prof. Dr. T. Jacob dalam orasi kebudayaan yang disampaikan pada seminar menata kapasitas  masyarakat madani yang diselenggarakan Laboratorium Dakwah Yayasan Shalahudin Yogyakarta (2002) Mengkonotasikan beberapa ancaman globalisasi.
Pertama, relativisme kulturl  dan geografis/ekologis tidak diperhatikan, sehingga adaptabilitas dan survabilitas menurun terutama bagi masyarakat atau bangsa yang lemah.
kedua,  Terbaginya ekonomi dunia menjadi dua bagian yaitu negara yang kaya akan tenaga-tenaga otot dan negara yang kaya tenaga otak.
Ketiga, gaya pikir akan dipengaruhi oleh produsen informasi dan diseminatornya yang dominan sehingga menimbulkan disrupsi yang inadaptif dibelahan selatan. Mereka semakin well-informed tapi berat sebelah.


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Iha Al-banna Manhaj - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -