Popular Post

Posted by : Unknown Sabtu, 01 Juni 2013

Oleh: Sutihat rahayu suadhi

Imam hasan Al- Banna


Awal saya membaca  Buku ini menjelaskan tentang sistem pendidikan kaum muslimin , mulai darri pendidikan tradisiona, sekuler, dan Modern. Dimana juga disana ada tokoh sufi islami yang sangat saya kagumi  syeikh Imam Hasan Al-Banna. Ini ada di halaman (62) saya sangat suka pemikiran Al-Banna dibuku ini dan para pemikir guru-guru besar islam yang lainnya. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan . Happy reading --

Di antara gerakan islam modern yang paling berpengaruh dan dapat menberi formulasi metode intelektual dan  mengembangkan sistem pendidikan paling menonjol  adalah gerakan ikhwan al- muslimin didirikan oleh syeikh Imam Hasan Al-Banna pada tahun 1928 ketika beliau berusia 20-an bersama beberapa orang sahabatnya. Keberhasilan gerakan ini tidak terlepas dari figur pendirinya yang agung, Hasan Al- Banna, seorang pendidik, pembina, dan pembangun ummah yang jenius dalam segala lapangan kehidupan. Telah terkumpul padanya sifat kepemimpinan , da'i , Ulama, Orator, ekonom, ideolog sekaligus sufi yang tawadhu'.  

Beliau telah berhasil mendirikan sebuah lembaga bagi gerakan sosial yang besar dan kuat, memberinya kaidah-kaidah, program, orientasi,misi, planning yang sangat jelas dan menyeluruh, sehingga gerakan ini sangat menyeluruh, sehingga gerakan ini sangat ditakuti penjajah inggris dan kaki tangannya pada kerajaan faruk. 

Al-banna sendiri adalah alumni pendidikan tradisional Dar al- Ulum yang berhasil menegakkan sistem dan metode gabungan sehingga menjadikan gerakannya ibarat universitas modern yang membina dan membimbing dan membina masyarakat muslim menjadi pribadi-pribadi yang soleh sekaligus mampu berinteraksi dengan perubahan dan pembangunan. 

Gerakannya telah membangunkan antara aliran-aliran tradisional islam seperti aliran fiqih, tasawuf, kalam, dan mengkombinasikannya dengan teori gerakan sosial modern sehingga melahirkan formulasi gerakan islam yang berakar pada tradisi islam namum mampu menjawab dan memberikan solusi pada masyarakat modern, sehingga ikhwanul muslimin menumbuhkan kepercayaan kaum muslimin akan kemampuan ajaran islam menyelesaikan problematika dunia modern.

" Membangun Kembali Sistem Pendidikan Kaum Muslimin" Karya Dr. Hilmi  Bakar Al- mascaty.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Iha Al-banna Manhaj - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -